Kayu Jati Bekas Bongkaran Rumah

Mencari kayu jati bekas bongkaran rumah berkualitas? Hubungi: +628121605732 (Taufik)

Pecinta rumah adat Jawa, sering kali memiliki keinginan untuk membangun rumah adat Jawa yaitu rumah joglo, baik untuk keperluan bisnis maupun untuk tempat singgah pribadi. Dari hal tersebut, salah satu yang cukup penting untuk diperhatikan yaitu jenis material yang dipilih serta harga yang diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut. Oleh karena itu tak heran jika beberapa orang mengincar kayu jati bekas bongkaran rumah yang dipercaya masih bisa dipergunakan kembali namun dengan harga yang jauh lebih minim. Hanya saja untuk mendapatkan hal tersebut butuh beberapa tips penting seperti yang ada di bawah ini.

Lihat Kualitas Kayu

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan yaitu kualitas kayu yang dipilih. Lihat baik-baik apakah dari awal jenis kayu jati yang digunakan sudah cukup tepat atau tidak. Misalnya apakah menggunakan kayu jati muda atau yang sudah tua. Semakin tua umumnya kualitasnya semakin baik. Sehingga jangan asal memilih kayu jati bekas bongkaran rumah, namun pastikan kualitas kayunya cukup baik dan memadai.

Pastikan Layak Pakai

Selanjutnya pastikan juga bahwa kayu tersebut layak pakai dan masih cukup bagus untuk didaya gunakan dalam membangun rumah kayu selanjutnya. Jangan sampai memilih jenis kayu jati bekas bongkaran rumah yang ternyata sudah lapuk dimakan usia atau sudah digerogoti oleh rayap. Walaupun terbuat dari kayu jati yang baik dan istimewa, jika sudah lapuk dan rusak akibat termakan usia ataupun perawatan yang kurang baik, maka bisa jadi bukan pilihan yang tepat untuk digunakan.

Proses Pengolahan Yang Tepat

Selanjutnya setelah mendapatkan kayu jati bekas bongkaran rumah, maka yang perlu diperhatikan yaitu proses pengolahan yang sesuai. Seperti misalnya pastikan kayu jati diproses ulang dengan baik, dipahat sesuai keperluan supaya dapat disesuaikan desain rumah yang diinginkan. Selain itu pastikan proses plitur dan pengecatan yang baik. Sehingga nanti kayu yang digunakan jauh lebih awet dan kuat serta tidak mudah kotor dan lapuk.

Harga Sesuai

Tidak lupa pula cukup penting dalam memastikan harga yang sesuai dengan barang yang didapatkan. Sering kali banyak yang berpikir harga murah tapi barang masih bisa dipakai. Padahal terkadang ternyata tidak dapat digunakan lagi atau sudah lapuk dan banyak dimakan rayap.

Itulah beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan jika ingin mendapatkan kayu jati bekas bongkaran rumah untuk keperluan pembangunan rumah dengan nuansa kayu dan adat Jawa. Bila masih bingung menentukan serta memastikan kualitas dan harga, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya yaitu PT. Brantas Bangun Nusantara. Dengan keahlian dan pengalaman di bidang tersebut, tentunya perusahaan yang satu ini dapat membantu mewujudkan keinginan yang diharapkan semaksimal mungkin dalam mencari kayu jati yang ekonomis namun masih layak pakai dan cukup awet ataupun kokoh.

Atau anda juga bisa langsung datang ke galeri kami yang berada di Kabupaten Kediri Jawa Timur yang tepatnya beralamatkan di Jl. Raya Kediri-Blitar, Ds. Pule, Kec. Kandat, Kab. Kediri, Jawa Timur 64173. (Maps: https://goo.gl/maps/quXArCjgfNE2)

 

Baca juga: Rumah Limasan Jawa Timur dan Rumah Kayu Jogja